Beranda » Jasa » 8 Tips Memilih Arsitek dan Harga Jasa Arsitek Renovasi Rumah

8 Tips Memilih Arsitek dan Harga Jasa Arsitek Renovasi Rumah

T Diposting oleh pada 21 Januari 2021
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 69 kali
Jasa Arsitek Renovasi Rumah

Renovasi rumah menjadi pilihan Anda saat ingin merubah tampilan rumah menjadi lebih indah dan nyaman untuk ditinggali. Terkadang Anda memutuskan merenovasi rumah karena bangunannya sudah rusak atau ingin menambah bangunan baru di sisa tanah. Renovasi dapat bersifat minor atau major. Minor renovation ialah perbaikan yang sifatnya hanya sebagian, seperti mengecat ulang satu bagian rumah atau memperbaiki yang bocor. Sedangnkan major renovation adalah membangun bangunan baru atau membangun rumah yang sebelumnya sudah rusak. Dalam merenovasi rumah Anda perlu bantuan jasa arsitek renovasi rumah agar perencanaannya matang. Renovasi rumah memiliki tingkat kesulitan tergantung desain dan model bangunannya, bentuk dan luas bangunan. Semakin sulit proses renovasi akan berpengaruh pada semakin mahalnya harga jasa gambar untuk merenovasi rumah Anda.

8 Tips Memilih Jasa Arsitek Renovasi Rumah

Meskipun Anda harus mengeluarkan budget ekstra untuk membayar jasa arsitek renovasi rumah, tapi akan sebanding dengan hasil renovasinya. Seorang arsitek tidak sekedar membangun sebuat rumah, melainkan merenovasi sebuah rumah dengan mempertimbangkan fungsi, estetika dan kualitas bangunannya. Namun memilih seorang arsitek renovasi rumah yang tepat sangatlah penting agar hunian yang Anda impikan dapat terwujud. Berikut ini tips memilih penyedia layanan arsitek renovasi rumah:

  • Melibatkan kontraktor

Apabila Anda telah memilih kontraktor untuk renovasi rumah, Anda bisa meminta rekomendasi dari mereka mengenai Arsitek yang cocok untuk ide desain yang Anda inginkan. Biasanya kontraktor memiliki relasi dengan arsitek karena sudah berpengalaman bekerja sama. Keuntungan melibatkan kontraktor dalam memilih arsitek adalah sudah terjalinnya kerjasama yang baik diantara keduanya sehingga desain yang Anda inginkan dapat terwujud.

  • Mencari karyanya lebih dulu

Jika Anda kesulitan mencari arsitek yang cocok untuk ide desain Anda, atau tidak begitu paham dengan dunia arsitektur sehingga sulit memutuskan akan menggunakan arsitek yang mana. Anda bisa mencoba mencari tahu karya-karya mereka dari internet atau saat melewati rumah-rumah yang gaya desainnya mendekati keinginan Anda. Dari situlah Anda bisa mulai mencari tahu arsitek yang membangunnya hingga memutuskan akan menggunakan jasa mereka untuk mewujudkan proyek rumah idaman Anda.

  • Menghubungi beberapa arsitek

Jangan terburu-buru memilih arsitek, lebih baik Anda berkomunikasi dengan beberapa arsitek untuk menyampaikan ide dan konsep yang Anda inginkan. Pastikan arsitek memahami ide dan konsep desain Anda, serta mudah diajak diskusi, karena saat proses renovasi Anda perlu komunikasi yang instens dengan arsitek pilihan Anda. Untuk lebih meyakinkan, Anda bisa menanyakan beberapa hal misalnya apakah arsitek pernah menangani proyek yang serupa dengan proyek Anda dari segi lahan dan konsep, lalu bagaimana proses renovasi dan estimasi waktu yang dibutuhkan, permasalahan apa saja yang akan menghambat proyek, bagaimana perhitungan biaya proyek renovasi dan harga seoarang arsitek, dan lain sebagainya.

  • Perhatikan portofolio arsitek

Setiap arsitek biasanya memiliki portofolio yang dapat kita temukan di majalah desain atau website. Semakin banyak portofolionya maka Anda tidak perlu ragu pada pengalamannya. Dari portofolio pun Anda dapat menilai kualitas karyanya. Portofolio dengan kualitas gambar yang baik, halus dan mirip dengan aslinya menunjukan bahwa arsitek tersebut professional. Analisa dan perhatikan portofolio arsitek dengan seksama, cari tahu gaya dan karakter desain yang pernah dikerjakan, apakah sesuai dengan yang Anda inginkan.

  • Memiliki brand dan alamat jelas

Anda bisa saja menemukan arsitek professional, arsitek freelance, atau arsitek berbadan usaha. Pastikan arsitek yang Anda pilih memiliki brand sebagai identitasnya dan memiliki alamat kantor atau alamat tempat tinggal yang jelas.

  • Kenali kepriibadian dan karakter desainnya

Sebelum memulai kerjasama, Anda juga perlu mengenal kepribadian arsitek. Apakah termasuk pribadi yang supel, humoris, atau serius. Kalau Anda kesulitan mengenal kepribadiannya secara langsung, coba cari tahu melalui media socialnya. Kepribadian arsitek sama pentingnya dengan karakter desainnya. Setiap arsitek memiliki cirri khas misalnya arsitek yang sering membuat desain minimalis, akan kurang cocok membuat rumah berdesain klasik.

  • Referensi orang terdekat

Cara paling mudah menemukan arsitek yang tepat yaitu dari referensi orang terdekat yang pernah menggunakan arsitek. Memilih arsitek tidak harus yang populer atau terkenal, yang penting arsitek tersebut dapat menyesuaikan desain dengan ide, konsep dan budget yang Anda miliki. Anda juga bisa mencari testimony dari klien sebelumnya. Arsitek yang berkualitas pasti akan mendapat penilaian yang baik dari kliennya. Anda pun dapat melihat testimoni di website penyedia jasa desain rumah. Anda pun dapat menilai kualitasnya dari setiap testimoni.

  • Negosiasi harga jasa arsitek

Apabila Anda ragu dengan harga yang ditawarkan jasa arsitek, coba mencari referensi terlebih dulu. Sebaiknya saat bernegosiasi Anda tidak menekan harga jasa gambar secara berlebihan karena yang akan Anda dapatkan justru penurunan kualitas desain. Sebagai pilihan harga jasa desain renovasi rumah, biasanya penyedia jasa memberikan paket penawaran yaitu harga untuk jasa desainnya saja, jasa desain sekaligus kontraktor, atau jasa desain interior dan pembangunan. Pilih juga jasa arsitek renovasi rumah yang transparan perihal harga agar tidak ada kesalahan dalam perhitungan budget.

Harga Jasa Arsitek Renovasi Hunian

Setelah Anda mengetahui tips memilih arsitek yang terbaik, selanjutnya Anda perlu mencari tahu harga jasa arsitek renovasi. Saat ini harga yang ditawarkan jasa arsitek renovasi hunian cukup bervariasi, dengan mengetahui proses yang ditempuh arsitek dalam merenovasi rumah, Anda akan lebih paham mengenai harga yang pantas untuk rumah impian Anda. Arsitek bukan hanya menggambar skala rumah, namun melalui proses panjang dari konsep sampai gambar bangunan. Jadi pengerjaannya bukan hal yang mudah dan harganya pun tidak murah.  Berikut ini perhitungan biaya jasa desain rumah yang perlu Anda ketahui.

  1. Presentasi biaya konstruksi atau RAB. Apabila ide desain Anda adalah rumah mewah dengan detail rumit, maka jasa desain rumah akan menggunakan metode ini.  Biasanya pada saat proses renovasi, Anda menginginkan banyak perubahan desain di tengah jalan, oleh karena itu jasanya dihitung berdasarkan total biaya pembangunan hingga proyek renovasi selesai.
  2. Biaya desain mempertimbangkan ukuran bangunan. Harga jasa arsitek rumah akan disesuaikan dengan skill yang dimiliki, untuk arsitek junior hargnya lebih rendah daripada arsitek yang berpengalaman. Metode ini pun yang paling banyak digunakan di Indonesia. Berdasarkan IAI atau Ikatan Arsitektur Indonesia sejak 2012 ditetapkan minimal harga arsitek yaitu Rp 200.000 per meter persegi atau 7% dari nilai fisik bangunan. Misalnya luas bangunan 90 meter persegi maka Rp 200.000 dikali 90 yaitu Rp 18.000.000.
  3. Biaya tetap. Metode ini digunakan dengan menghitung secara rinci biaya pembangunan barulah penyedia jasa menentukan biaya jasanya. Biasanya klien menginginkan biaya tetap karena khawatir biaya yang dikeluarkan tidak fleksibel atau naik di kemudian hari.
  4. Bebas biaya desain. Apabila penyedia jasa arsitek rumah menyediakan pula jasa kontraktor, maka arsitek akan memberikan free desain. Hal itu tidak merugikan arsitek karena biaya yang didapatkan akan dihitung dari jasa konstruksi.

Demikian perhitungan tarif jasa arsitek renovasi rumah secara umum. Dengan adanya harga tersebut Anda akan mendapatkan layanan jasa arsitek sesuai kebutuhan Anda. Dalam memiilih jasa arsitek rumah yang terpercaya dan berpengalaman Anda dapat merujuk pada layanan Faith Konstruksi. Anda dijamin akan mendapatkan kualitas desain terbaik karena didukung tenaga kerja professional  lulusan S1 Arsitek dan S2 Teknik Sipil dan sudah memiliki sertifkiasi di bidang ahli bangunan gedung. Maka Anda tidak perlu ragu menggunakan jasa dari Faith Konstruksi.

Semoga artikel ini bermanfaat.

a Artikel Terkait 8 Tips Memilih Arsitek dan Harga Jasa Arsitek Renovasi Rumah

jasa renovasi rumah

Jasa Renovasi Rumah

T 7 Mei 2019 F A Faith

Melakukan kegiatan renovasi rumah sering kali membuat stress banyak orang. Pasalnya, hal ini sangat berkaitan erat dengan anggaran biaya yang akan dikeluarkan. Kebanyakan orang kemudian memutuskan untuk tidak melakukan hal tersebut dan membiarkannya saja. Dalam jangka waktu panjang, tentu akan... Selengkapnya

Kontraktor Konstruksi Baja

Kontraktor Konstruksi Baja Membangun Hunian yang Kokoh

T 27 Januari 2021 F A Faith

Saat ini struktur rumah banyak yang menggunakan material baja dan besi karena kualitas dan banyak kelebihannya. Rumah yang dibangun menggunakan konstruksi baja biasanya lebih kuat dan kokoh. Namun untuk memastikan kekuatan baja, diperlukan kemampuan teknis kontraktor konstruksi baja dan kalkulasi... Selengkapnya

Kontraktor Bangun Rumah

Kontraktor Bangun Rumah

T 7 Mei 2019 F A Faith

Jasa kontraktor bangun rumah banyak digunakan di daerah perkotaan maupun daerah pedesaan. Jasa ini banyak dipakai karena untuk membangun rumah si pemilik tidak akan kerepotan dan keluar uang banyak. Oleh karenanya, jasa kontraktor untuk membangun hunian lebih banyak dipilih masyarakat... Selengkapnya

+ SIDEBAR
WhatsApp Hubungi Kami