Beranda » Jasa » 7 Tips Renovasi Rumah Tua Menggunakan Jasa Desain Renovasi Rumah

7 Tips Renovasi Rumah Tua Menggunakan Jasa Desain Renovasi Rumah

T Diposting oleh pada 25 Januari 2021
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 34 kali
Jasa Desain Renovasi Rumah

Apabila Anda memiliki rumah tua dengan kondisi bangunan yang kerusakannya cukup parah, Anda jadi memiliki pertimbangan untuk melakukan renovasi atau menjualnya dan pindah ke rumah baru. Bagi sebagian orang, renovasi cukup merepotkan karena menghabiskan banyak biaya, tapi keuntungannya Anda bisa mempertahankan kualitas rumah tua. Sedangkan jika Anda memilih membeli rumah baru, Anda tidak perlu repot memikirkan perbaikan rumah.Dari segi biaya, Anda yang memutuskan untuk merenovasi harus mengeluarkan biaya untuk desain renovasi, biaya jasa desain renovasi rumah, biaya interior dan biaya IMB perubahan bangunan.

Namun bukan berarti membeli rumah baru tidak mengeluarkan biaya, apabila Anda membeli rumah yang tipe dan luas lahannya lebih besar dan lokasinya strategis, justru biaya yang harus Anda keluarkan lebih besar daripada merenovasi. Anda harus mempertimbangkan harga rumah, biaya pajak jual beli, biaya notaris, biaya KPR, biaya interior desain dan lainnya.

Kenyamanan juga menjadi faktor penting, terutama lingkungan sekitar rumah. Di rumah lama biasanya penghuninya sudah tinggal lama dan turun temurun, hubungan dengan tetangga pun sudah seperti dengan keluarga sendiri. Terlebih lagi jika lokasinya strategis, dekat dengan pusat kota atau pasar, atau akses jalannya mudah ditempuh. Berbeda dengan rumah baru yang tidak senyaman rumah lama, Anda harus beradaptasi dengan linkungan dan tetangga baru.

Merenovasi rumah tua juga bisa terkendala stigma buruk jasa desain renovasi rumah yang berkembang di masyarakat, hal ini membuat Anda enggan berkonsultasi masalah renovasi rumah, bahkan ada yang beranggapan kalau hanya menggambar desain saja, Anda pun bisa membuatnya. Padahal peran jasa desain renovasi rumah bukan sebatas menggambar desain, melainkan membantu menghitung biaya pengeluaran, memilih material bangunan, hingga mengawasi kerja tukang bangunan dan proses pembangunan sampai selesai.

Perlukah merenovasi  menggunakan jasa desain renovasi rumah?

Sebelum Anda memutuskan merenovasi rumah tua, coba perhatikan kondisi bangunan dengan seksama. Apakah memang perlu merenovasi secara besar-besaran atau hanya renovasi ringan seperti mengecat ulang, mengganti lantai, atau hanya membetulkan dindinng? Jika renovasi ringan yang Anda perlukan, Anda bisa melakukannya tanpa bantuan jasa desain rumah. Namun jika Anda ingin melakukan renovasi dengan menambah ruang atau lantai, mengubah tata letak ruangan, hingga mengubah tampilan ekterior dan interior rumah secara keseluruhan, sebaiknya Anda berkonsultasi dan menggunakan jasa desain renovasi rumah. Berikut ini 6 alasan yang patut Anda pertimbangkan saat menggunakan jasa desain renovasi.

  • Cek kondisi bangunan.

Biaya renovasi bisa lebih murah daripada merobohkan bangunan dan membangunnya kembali dari awal. Oleh karena itu Anda perlu sudut pandang dari ahlinya, apakah rumah tua Anda perlu renovasi untuk memperkokoh bangunan yang sudah rapuh atau Anda perlu merancang bangunan untuk diperluas atau ditingkatkan. Melihat bagian lantai, dinding, tiang penyangga dan seluruh bagian rumah juga sangat penting karena biasanya renovasi mengutamakan memperbaiki bagian yang rusak dan mempertahankan bagian yang masih baik. Pekerjaan ini dapat dilakukan oleh penyedia jasa desain renovasi yang professional, itu sebabnya Anda tidak bisa bekerja sendiri.

  • Perencanaan yang matang.

Perencanaan pembangunan yang dibuat oleh penyedia jasa desain biasanya agar tidak mengulang pekerjaan renovasi di kemudian hari. Prinsipnya lebih baik mengulang perencanaan daripada mengulang renovasi.

  • Tentukan skala prioritas.

Jika Anda ingin merenovasi rumah tapi terkendala dana yang terbatas, maka tentukan prioritas. Bagian mana dari rumah lama yang perlu segera diperbaiki, apakah atapnya yang bocor, memperbaiki saluran airnya atau mengganti kayu yang abis dimakan rayap. Utamakan bagian-bagian yang mendesak.

  • Waktu untuk renovasi.

Anda juga perlu mempertimbangkan waktu, cuaca dan musim saat akan memulai proses renovasi. Sebaiknya hindari merenovasi rumah saat musim hujan karena proses pengeringan cat dan plesteran memerlukan waktu lama.

  • Membuat RAB.

Anda tidak perlu khawatir dengan biaya renovasi yang membengkak akibat dari keinginan Anda yang sebetulnya tidak terlalu penting. Misalnya penambahan perabot dan dekorasi yang justru diluar rencana. Penyedia jasa desain biasanya akan membuatkan Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk menghindari hal tersebut dan biaya yang Anda keluarkan pun sesuai dengan anggaran yang ditetapkan.

  • Material yang berkualitas

Bahan material menjadi pengeluaran termahal saat renovasi rumah lama Anda. Namun Anda tidak bisa menurunkan kualitas material sekalipun dana yang Anda miliki terbatas, misalnya pada bagian pondasi rumah, pipa air yang ditanam, rangka atap, struktur bangunan dan cat eksterior. Jika Anda nekat membeli material yang harganya lebih murah maka akan terjadi kerusakan atau kebocoran di kemudian hari. Bukannya menghemat, Anda justru perlu membongkar dan memperbaikinya.

7 Tips dari jasa desain rehab rumah terkait merenovasi rumah tua

  • Memperbaiki kerusakan

Anda mungkin memiliki konsep dan ide desain untuk rumah tua Anda, tapi sebelum itu penyedia jasa desain renovasi akan menyarankan untuk memperbaiki kerusakan lebih dulu. Perbaikan dilakukan secara maksimal, setelah itu barulah merenovasi tiap bagian.

  • Perkaya material desain

Renovasi pada bagian lantai dapat Anda lakukan jika di rumah tua lantainya berkesan kuno, mengganti dengan granit dapat mempercantik penampilan rumah Anda. Selain itu pada dindingnya Anda dapat merenovasi dengan cara melakukan pengecatan ulang atau menempelkan wallpaper.  Sedangkan untuk menambahkan kekayaan visual ruangan bisa dibuat menggunakan material yang berbeda pada dinding utamanya, misalnya menggunakan batu alam dan lantai dikombinasikan dengan lantai vynil atau parket. 

  • Mengganti interior ruangan

Rumah tua sudah pasti memiliki perabotan kuno, bagi sebagian orang perabotan kuno bernilai mahal dan antik, tapi bagi Anda yang sudah bertahun-tahun memilikinya tentu ingin perabotan baru yang sesuai konsep desain rumah Anda. Bagi Anda pecinta desain minimalis, pilih perabot tanpa detail berlebih. Namun Anda yang ingin rumahnya lebih modern, bisa menambahkan bantal sofa, karpet dengan tekstur dan warna yang berani, hingga lukisan pop art. Untuk menghidupkan suasana rumah yang monoton, Anda bisa bermain dengan pola-pola, misalnya motif floral pada interior ruangan Anda.

  • Memberikan warna baru

Renovasi rumah dapat dilakukan dengan melakukan pengecatan ulang menggunakan warna dasar putih. Rumah tua terkadang terkesan kusam dikarenakan cat yang usang dan memudar, oleh karena itu pemilihan warna putih akan membuat suasana rumah jadi baru, luas dan lebih terang. Pengaplikasian rumah all-white ini juga sangat cocok untuk ruang yang sempit atau rumah dengan sirkulasi cahaya yang minim.

  • Mengganti pencahayaan

Jika Anda merasa rumah tua yang Anda tinggali minim cahaya, maka Anda perlu menata ulang pencahayaan. Anda bisa menggunakan lampu yang sesuai kebutuhan Anda seperti lampu gantung, spotlight, lampu baca, atau lampu dekorasi. Namun untuk pencahayaan yang maksimal, Anda bisa menambahkan jendela minimalis berukuran besar.

  • Menambahkan vegetasi

Suasana rumah juga perlu kesegaran dengan penggunaan dan penempatan tanaman di dalam rumah. Kehadiran vegetasi ini menjadi solusi untuk menghidupkan suasana. Anda juga bisa memanfaatkan ruangan terbuka untuk menggabungkan taman dengan bagian dalam rumah. Pastikan juga ukuran dan arah jendela mengarah ke taman.

  • Mengganti fungsi ruang

Tips renovasi rumah tua yang terakhir yaitu mengganti fungsi ruang. Banyak ditemukan pada rumah lama, pembagian ruang yang kurang pas contohnya ruang tamu lebih luas dari kamar tidur. Jasa desain rehab rumah dapat membantu Anda dalam pembagian ruang. Ruang tamu yang luas dapat dirubah menjadi kamar tidur atau menjadi ruang kerja. Semua ruangan dapat difungsikan sesuai keinginan dan kenyamanan Anda.

Demikian artikel tentang tips renovasi rumah tua menggunakan jasa desain renovasi rumah. Sebagai pertimbangan jasa desain yang dapat membantu Anda mengatasi masalah renovasi, Anda bisa merujuk pada Faith Konstruksi. Layanannya didukung oleh tim professional dan berpengalaman di bidangnya. Faith Konstruksi siap merenovasi rumah tua Anda menjadi rumah baru yang Anda impikan dengan desain dan konsep yang modern dan kekinian.

a Artikel Terkait 7 Tips Renovasi Rumah Tua Menggunakan Jasa Desain Renovasi Rumah

Jasa interior kantor Jakarta

Meningkatkan Produktivitas Kerja Melalui Jasa Interior Kantor Jakarta

T 15 Februari 2021 F A Faith

Desain interior kantor memiliki efek positif atau negatif terhadap kinerja para pekerja. Oleh karena itu banyak perusahaan yang benar-benar memikirkan bagaimana mendapatkan desain yang tepat agar membawa pengaruh positif terutama untuk meningkatkan produktivitas kerja. Memang dibutuhkan biaya untuk membayar jasa... Selengkapnya

Jasa Tukang Renovasi Rumah

Mengenal Lebih Dekat : Jasa Tukang Renovasi Rumah

T 18 Januari 2021 F A Faith

Ketika sebuah rumah tidak lagi memenuhi kebutuhan penghuninya atas ruang dan rasa nyaman, maka renovasi adalah jawaban yang harus kita pilih rumah kita mampu Kembali memenuhi kebutuhan penguninya. Merenovasi rumah adalah sebuah pekerjaan besar yang membutuhkan persiapan yang matang. Keberhasilan... Selengkapnya

Jasa rancang bangun rumah

7 Tips Memilih Jasa Rancang Bangun Rumah Terpercaya

T 14 Januari 2021 F A Faith

Rumah-rumah di Indonesia harus mempertimbangkan beberapa aspek seperti sirkulasi udara, penataan cahaya, ruang terbuka hijau dan sesuai dengan iklim tropis. Kebutuhan masyarakat akan tempat tinggal pun cenderung meningkat seiring pertumbuhan populasi. Namun saat ini banyak orang yang lebih memilih membeli... Selengkapnya

+ SIDEBAR
WhatsApp chat