Beranda » Jasa » 5 Kriteria Tukang Bangun Rumah Profesional

5 Kriteria Tukang Bangun Rumah Profesional

T Diposting oleh pada 19 Januari 2021
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 29 kali
Tukang Bangun Rumah

Membangun rumah diperlukan kerjasama yang baik antar banyak pihak yaitu pemilik property, arsitek, kontraktor dan tukang bangun rumah. Arsitek terbaik pastilah yang sudah menempuh bidang pendidikan arsitektur dan berpengalaman dalam mendesain rumah. Sedangkan dalam memilih kontraktor yang terpercaya haruslah yang bertanggung jawab dalam mengelola bahan bangunan, mengatur pekerja dan memastikan proyek pembangunan berjalan sesuai standar, termasuk dalam memilih tukang bangunan yang professional. Hal ini sangat penting karena pembangunan rumah bukan hanya bergantung pada bahan material yang digunakan, tapi juga kualitas para tukang bangunan. Mereka lah yang akan mengolah dan menyusun bahan material menjadi bangunan yang kokoh. Mereka juga yang akan menentukan lamanya pengerjaan.

Tips Memilih Tukang Bangun Rumah

Memilih tukang bangunan yang professional dan terpercaya berpengaruh pada penyelesaian proyek menjadi lebih efesien dan tepat waktu. Perlu Anda ketahui ada dua jenis tukang terkait sistem pembayarannya yaitu tukang bangunan borongan dan tukang bangunan harian. Tukang bangunan harian biasanya mendapatkan upah kerja yang dihitung per hari dan diberikan pada hari itu selesai bekerja. Sedangkan tukang bangunan borongan terdapat kesepakatan apakah total upahnya dihitung sesuai jumlah hari kerja atau per meter bangunan. Namun sebelum itu, perhatikan beberapa hal ini berikut ini dalam memilih tukanng bangunan untuk rumah Anda.

  1. Rekomendasi dan referensi kerabat atau keluarga. Lebih tenang jika Anda mendapatkan referensi mengenai tukang bangunan dari kerabat yang pernah menggunakan jasanya. Apabila tidak ada referensi dari kerabat atau keluarga, Anda bisa bertanya pada orang di sekitar, barangkali mereka akan merekomendasikan tukang yang terbaik.
  2. Perhatikan RAB yang diberikan oleh kontraktor atau tukang bangunan. BIla Anda merasa ada yang kurang atau janggal, segera tanyakan dan jangan ragu untuk mencari tahu harga yang ditetapkan. Apakah semua bahan bangunan sudah termasuk di dalamnya atau ada item dan pekerjaan yang terlewat? Apakah harga bahan bangunan adalah harga terbaru dan tidak akan ada kenaikan harga material yang jauh melebihi anggaran? Maka sangat penting untuk menanyakan segala hal terkait anggaran, termasuk pada biaya yang bisa ditekan untuk menghemat biaya pembangunan rumah Anda.
  3. Mencari tukang bangunan yang berpengalaman. Biasanya semakin banyak orang yang menggunakan jasanya maka akan banyak juga yang merekomendasikan. Jangan sampai Anda memilih tukang yang harganya paling murah tapi kurang pengalaman, biasanya selain hasil kerjanya tidak maksimal, terdapat salah perhitungan RAB yang merugikan Anda di kemudian hari, sehingga biaya yang Anda keluarkan justru lebih besar. Anda juga bisa meminta portofolio dari kontraktor sehingga Anda bisa yakin dengan kualitas pekerjaan tukang bangunan. Pastikan juga ada garansi yang ditawarkan, biasanya bila terjadi kerusakan kontraktor bersedia memperbaiki tanpa tambahan biaya.

Kriteria Tukang Bangunan Hunian Professional

Menggunakan tukang bangun rumah yang professional akan menguntukan Anda karena biasanya mereka bekerja tepat waktu dan anggaran proyek pun akan lebih efesien.  Lalu apa saja kriteria tukang bangunan professional yang perlu Anda perhatikan dalam memilih jasa tukang bangun rumah? Berikut ini beberapa kriterianya.

  1. Keahlian sesuai bidangnya.

Tukang bangunan perlu menguasai beberapa keahlian karena biasanya kontraktor mencari tukang bangunan yang professional dilihat dari keahliannya yaitu di bidang tukang gali, tukang cat, tukang batu, tukang kayu dan tukang besi. Jasa tukang yang dipilih akan mewakili beberapa keterampilan tersebut, tukang gali ditugaskan untuk menggali pondasi bangunan, tukang besi akan melakukan pemasangan kerangka besi dan pengecoran, tukang batu yang memasang batu pada bangunan, tugas tukang cat mengecat seluruh bangunan. Tukang batu dengan keahlian menggali tanah, membuat pondasi, mengecor, pasang bata dan plaster aci. Anda bisa menilai pekerjaan tukang batu pada tahap finishing atau tahap pasang bata. BIasanya tukang batu professional dapat memasang dinding bata lebih dari 6 m2 atau dengan bata ringan lebih dari 10 m2. Sama halnya dengan proses plaster aci, mampu menutupi dinding minimal 6 m2.

  1. Dalam kondisi sehat

Proses pembangunan rumah dibutuhkan tenaga, kondisi fisik dan mental yang sehat. Kesehatan sangat penting agar proyek tidak terbengkalai. Tukang bangunan professional yang mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja dapat bekerja dengan baik, juga dapat memahami alur kerja. Proyek yang berjalan pun akan tepat waktu.

  1. Berpengalaman

Tukang bangunan yang berpengalaman biasanya memiliki keahlian membaca desain bangunan dan terbiasa dengan system kerja kontraktor. Hal ini menunjukan bahwa mereka professional di bidangnya dan dapat bekerja sama dengan baik dengan arsitek maupun kontraktor. Selain itu diperlukan tukang bangunan yang terpercaya agar bahan bangunan dan anggaran pembangunan dapat diatur dengan tepat dan efesien. Untuk itu Anda tidak perlu ragu bertanya pada kontraktor dan arsitek mengenai kualitas kerja tukang bangunan pada proyek-proyek yang dikerjakan sebelumnya.

  1. Disiplin dalam bekerja

Sangat penting memilih tukang bangunan yang disiplin dan dapat bekerja sesuai kontrak yang disepakati. Jangan sampai Anda menemukan tukang bangunan yang meminta upah lebih dan mogok bekerja. Lebih meyakinkan jika Anda memilih tukang bangunan dari penyedia jasa professional karena mereka terbiasa disiplin bekerja sesuai kontrak.

  1. Paham desain bangunan

Pemahaman mengenai desain bangunan diperlukan oleh tukang bangun rumah professional, meskipun tidak memiliki latar belakang pendidikan arsitektur, dengan pengalamannya bekerja membuat tukang bangunan mengerti gambar arsitektur. Namun bukan hanya memahami alur gambarnya saja, tapi juga memperhatikan aspek rasio, dan mampu membuat bangunan dengan perhitungan yang tepat. Dengan kemampuan tersebut maka proyek pembangunan rumah Anda akan berjalan maksimal sesuai estimasi proyek.

Selain itu, Anda pun dapat memperhatikan hal mendetail lainnya dalam menilai profesionalitas tukang bangun rumah seperti selalu merapihkan sisa pekerjaan setelah seharian bekerja, tidak boros atau tidak menyia-nyiakan bahan bangunan, mudah diajak komunikasi, pekerjaannya rapih dan cepat, tidak mengambil bahan bangunan tanpa izin, tidak segan memberi saran dan masukan apabila ada konsep atau rencana yang tidak sesuai, dan dapat mengatasi masalah di lapangan.

Lalu setelah Anda mengetahui tips dan kriteria tukang bangunan yang profesonal, sebaiknya Anda juga tahu upah tukang bangunan dan cara perhitungannya. Metode yang digunakan di Indonesia biasanya menggunakan perhitungan upah berdasarkan produktivitas pekerjaan di lapangan guna efesiensi waktu dan efektivitas proses pembangunan. Misalnya mengalikan harga upah per m2 dengan luas bangunan, dengan pertimbangan lokasi bangunan, tingkat kesulitan, jenis pekerjaan, dan tingkat keahlian tukang bangunan. Jadi upah untuk tukang bangun rumah  di pusat kota tentu akan berbeda dengan upah tukang di desa. Beda desain bangunan pun akan beda pula jenis pekerjaan dan lamanya pembangunan. Semua itu akan sangat berpengaruh pada upah tukang bangunan.

Faith Konstruksi Sebagai Penyedia Jasa Desain Rumah Professional

Faith Konstruksi yang berlokasi di Jakarta Selatan menyediakan jasa tukang bangunan yang professional beserta pengerjaan proyek pembangunan dari mulai desain sampai tahap pengecetan rumah. Dengan harga yang terjangkau, Anda bisa mendapatkan pelayanan terbaik karena dikerjakan oleh tenaga professional, ahli dan berpengalaman di bidangnya. Maka kami siap membangun rumah impian Anda.

Demikian paparan mengenai kriteria jasa tukang bangun rumah. Semoga bermanfaat.

a Artikel Terkait 5 Kriteria Tukang Bangun Rumah Profesional

Jasa Desain Fasad Rumah

10 Tipe Fasad Rumah dan Inspirasi yang Impresif dari Jasa Desain Fasad Rumah

T 28 Februari 2021 F A Faith

Fasad adalah kata yang berasal dari bahasa Prancis fa├žade atau bahasa Italia faccia yang berarti wajah. Sehingga apabila Anda mendengar istilah fasad rumah artinya wajah dari rumah atau bangunan tersebut, bisa juga disebut tampak luar dan depan bangunan. Sehingga fasad... Selengkapnya

Jasa Arsitek Rumah

T 2 Mei 2019 F A Faith

Jasa arsitek rumah menawarkan berbagai macam desain bangunan rumah dengan bentuk yang unik dan elegan. Layanan jasa akan selalu siap untuk setiap klien baru yang akan membuat rumah. Jasa arsitek akan mulai membuat desain setelah adanya kesepakatan bersama antara pihak... Selengkapnya

Jasa Pembuatan Rumah Kayu

Jasa Pembuatan Rumah Kayu

T 5 Januari 2021 F A Faith

Kayu selamanya memiliki tempat khusus di hati kita bahkan untuk rumah kita juga, karena keindahan abadi, daya tarik alami, dan daya tahan yang dimilikinya. Selain rumah-rumah futuristik itu, tampaknya ada kehadiran kayu yang konsisten di setiap rumah, apakah itu bahan... Selengkapnya

+ SIDEBAR
WhatsApp Hubungi Kami